Tinea Manus - Infeksi Jamur

Tinea manus merupakan penyakit kulit infeksi dermatofita pada tangan , yaitu jamur T.mentagrophytes dan T.Rubrum.Penyakit ini dapat menyerang semua umur baik pria dan wanita.Keadaan panas dan lembab mempermudah jamur masuk ke kulit.Selain itu, kebersihan yang kurang, keadan basah, dan lingkungan rawa yang selalu basah juga dapat mempermudah terjangkitnya penyakit ini.

Tinea Manus

Tanda & Gejala Tinea Manus

Gejala penyakit ini dapat berupa munculnya gelembung-gelembung berisi cairan atau kulit menjadi bersisik dengan ruam kulit berwarna merah.selain itu, penyakit kulit ini disertai dengan rasa gatal.Penyakit kulit ini biasanya menyerang daerah pergelangan tangan sampai ujung jari.

Pengobatan penyakit ini dapat dilakukan dengan memberikan berbagai jenis obat.Misalnya preparat haloprogin atau tonaftat dalam bentuk krim maupun larutan.

Pencegahan dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan lingkungan dan tubuh terutama kulit.Mandilah secara teratur menggunakan sabun antiseptik.Selain itu, jagalah tubuh Anda agar selalu kering karena keadaan basah akan mempermudah infeksi jamur.

1 Response to "Tinea Manus - Infeksi Jamur"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel