Tips Mengobati Panu ( Tinea Versikolor )

Tinea Versikolor adalah merupakan infeksi jamur superfisial pada lapisan tanduk yang ditandai dengan ruam kulit dan adanya pelepasan lapisan tanduk dari permukaan kulit disertai dengan sensasi rasa gatal.

Sumber : Atlas Penyakit Kulit

Tinea Vesikolor disebabkan oleh jamur Malassezia furfur atau Pityrosporum orbiculare.Tinea vesikolor dapat menyerang siapa saja dan dimanapun. Kurangnya kebersihan dapat memudahkan terjangkitnya tinea versikolor.Misalnya, keadaan basah dan selalu berkeringat banyak menyebabkan stratum korneum melunak sehingga mudah dimasuki Malessezia furfur.

Apa saja gejala Khas dari Tinea Versikolor ?

Gejala dari tinea versikolor yaitu timbulnya ruam kulit dalam berbagai ukuran dan warna, ditutupi sisik halus dengan rasa gatal, atau kadang tanpa keluhan, dan hanya gangguan kosmetik saja.
Variasi warna ruam kulit penyakit ini tergantung pada pigmen normal kulit penderita, paparan sinar matahari, dan lamanya penyakit.Kadang-kadang warna ruam kulit sulit dilihat.Tinea Versikolor dapat terjadi dimana saja, seperti dipermukaan kulit, lipatan pa#ha, ketiak, leher, punggung, da#da, dan wajah.

Bagaimana Mengobati Tinea Versikolor ?

Pengobatan Tinea Vesrikolor harus dilakukan dengan penanganan yang menyeluruh, tekun, dan konsisten.Untuk tinea versikolor tipe makular dapat diobati dengan salep whitfield atau larutan natrium tiosulfat 20% dioleskan setiap hari.

Untuk tinea versikolor tipe folikular dapat diobati dengan tiosulfat natrikus 20-30%.Selain itu, dapat digunakan juga obat-obatan antijamur golongan imodazol ( ekonazol, mikonazol, klotrimazol, dan toksilat ) dalam krim atau salep 1-2 %.

Untuk kasus yang sulit dapat digunakan ketokonazol 2000 mg per hari selama 10 hari.Demikian juga itrakonazol 100 mg per hari selama 2 minggu bermanfaat untuk mengobati tinea versikolor yang sulit. Namun, reaksi obat ini agak terlambat dan penyyembuhan justru terjadi 1-2 minggu setelah obat dihentikan.

Bagaimana mencegah Penyakit Tinea versikolor ?

Pada dasarnya, pencegahan itu lebih baik dari pengobatan.untuk mencegah tinea versikolor dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan dan tubuh. Mandi dua kali sehari menggunakan sabun antiseptik.menjaga tubuh agar selalu kering juga merupakan salah satu cara untuk terhindar dari penyakit tinea versikolor. Selain itu, menjaga kebersihan lingkungan juga sangat penting untuk mencegah penyebaran jamur Malasszia furfur.

0 Response to "Tips Mengobati Panu ( Tinea Versikolor )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel