Eritrasma - Pencegahan dan Pengobatannya

Eritrasma - Pencegahan dan Pengobatannya - Eritrasma merupakan penyakit kulit berupa bentuk peradangan ringan yang biasanya menyerang daerah yang banyak mengeluarkan keringat. Penyakit kulit ini disebabkan oleh bakteri Corynebacterium minutissum. Eritrasma sering terjadi di daerah yang beriklim panas dan lembap. Selain itu, orang-orang yang banyak keringat, kegemukan, dan peminum alk*o*hol lebih sering terkena penyakit ini.

Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini mula-mula timbul ruam kulit berwarna merah dan terasa panas seperti terkena cabai.penyakit kulit ini biasanya terjadi di ketiak dan li*pat pa*ha bagian dalam sampai skro*tum.

Pengobatan

Pengobatan dengan antijamur golongan azol, seperti klotrimazol dan mikonazol sangat efektif untuk pengobatan eritrasma.lamanya pengobatan bervariasi antara 1 hingga 2 minggu.Selain itu, pengobatan sistemik dengan memberi eritromisin 15 mg/kg berat badan, 4 kali sehari selama 5-10 hari.tetrasiklin dengan dosis yang sama memberi hasil yang baik.

Pencegahan

Pencegahan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan dan tubuh, terutama menjaga kebersihan kulit dengan menggunakan sabun antiseptik untuk pencegahan. Selain itu, mencegah agar jangan banyak berkeringat serta menghilangkan faktor-faktor pencetus seprti kegemukan. Hindari  pula minum minuman beralkohol.

1 Response to "Eritrasma - Pencegahan dan Pengobatannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel