Mengenal Infeksi Kulit Keratolosis Berlubang

Picture Resource : Medicinet.com
Mengenal Infeksi Kulit Keratolosis Berlubang - Keratolosis Berlubang adalah infeksi superfisial kulit yang menyebabkan timbulnya lubang-lubang pada stratum korneum dan biasanya timbul pada telapak kaki. Penyakit ini disebabkan oleh suatu mikroorganisme dari golongan Corynebacterium. Keratolisis berlubang menyerang orang yang sering berada di lingkungan basah. Namun penyakit ini juga sering ditemukan pada orang yang bekerja di lapangan keras seperti lapangan bebatuan dan berpasir.

Tanda dan Gejala Keratolosis

Gejala dari penyakit ini mula-mula timbul lubang-lubang berukuran 1-5 mm timbul pada telapak kaki dan warna lapisan tanduk menjadi kehijauan atau kecoklatan. Biasanya penderita tidak merasakan adanya kelainan. Pada keadaan yang parah, ada rasa nyeri dan rasa tak nyaman. Pada telapak tangan dapat pula terjadi keadaan seperti ini.

Pengobatan Keratolosis Berlubang

Pengobatan dapat diberikan antibiotika seperti ampisillin. Dapat pula dengan memberikan salep-salep topikal seperti salep fusidat atau golongan  azol ( imidazol, ketokonazol, itrakonazol ).
Pencegahan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan, terutama kebersihan kulit. Gunakan alas kaki saat berada ditempat-tempat basah dan saat berjalan-jalan ditempat kering atau kasar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel