Tahukah Anda Penyakit Kulit Skabies ?

Tahukah Anda Penyakit Kulit Skabies ?
Gambar Skabies
Tahukah Anda Penyakit Kulit Skabies ? - Skabies adalah penyakit kulit akibat infestasi dan sensitisasi tungau Sarcoptes scabiei yang hanya menyerang manusia. Penyakit ini biasanya menyerang anak-anak, walaupun orang d*w*sa dapat pula terkena. Lingkungan yang kumuh dengan kebersihan yang buruk dapat mempermudah penularan. Penularan dapat secara langsung maupun tidak langsung melalui pakaian, tempat tidur, alat-alat tidur, dan handuk.

Apa Saja Gejala Skabies ( Gudik ) ?

Gejala yang selalu ditimbulkan oleh penyakit ini adalah rasa gatal, terutama pada malam hari. Kelainan kulit mula-mula berupa tonjolan padat gelembung-gelembung dengan puncak yang berisi cairan. Kadang-kadang dapat terjadi infeksi sekunder akibat garukan sehingga terjadi gelembung-gelembung berisi nanah. Penyakit ini biasanya terdapat di sela-sela jari tangan, pergelangan tangan, ketiak, sekitar pusat paha bagian dalam, alat kela*min pria, dan bokong. Pada bayi dapat terjadi di kepala, telapak tangan, dan kaki.

Bagaimana Mengobati Skabies ?

Penyakit ini dapat diatasi dengan memberikan obat-obat sebagai berikut
  1. Sulfur presipitatum 2-5% dalam bentuk salep atau krim. Obat ini lebih efektif jika dicampur dengan asam salisilat 2%. Dioleskan di seluruh tubuh sesudah mandi dan dipakai 3-4 hari berturut-turut.
  2. Emulsi benzil benzoat 20-25% selama 24 jam, 3 hari berturut-turut.
  3. Gama benzen heksaklorida ( gameksan ) 0,5-1% dalam salep atau krim, dioleskan selama 24 jam, sekali pemakaian.
  4. Krim permetrin 5% dapat memberikan hasil yang baik, setelah pemakaian satu kali seluruh tubuh dan selama 10 jam.

Bagaimana Cara Pencegahan Skabies ?

Pencegahan dapat dilakukan dengan beberapa cara antara lain meningkatkan kebersihan perorangan dan lingkungan. Selain itu, sebaiknya menghindari penularan, misalnya dengan mencuci atau menjemur alat-alat tidur dan jangan memakai pakaian atau handuk bersama-sama dengan milik penderita. Seluruh anggota keluarga  yang tinggal serumah sebaiknya mendapatkan pengobatan.( Sumber Gambar : Medicinet.com )

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel