Apa Itu Creeping Eruption ?

Creeping Eruption ( Ruam Menjalar ) merupakan kelainan khas pada kulit berupa garis lurus atau berkelok-kelok akibat parasit yang tumbuh di dalam kulit. Penyebab paling banyak adalah larva cacing tambang anjing dan kucing ( Ancylostoma caninum atau A.braziliense ).

Creeping Eruption

Creeping Eruption

Kurangnya kebersihan dapat mempermudah terjangkitnya penyakit ini. Penularan dapat terjadi karena individu berkontak dengan tanah lembap yang telah terkontaminasi kotoran anjing atau kucing yang telah mengandung larva cacing tersebut.

Pada awalnya, larva menembus kulit tetapi tidak mencapai pembuluh darah dan menyebar di subkutis. Pada tempat masuk larva terdapat tonjolan kulit padat yang selanjutnya menjadi berkelok-kelok. Penderita akan merasa sangat gatal dan nyeri. Penyakit ini sering terdapat pada daerrah badan, punggung tangan, kaki, a*us, b*kong, p*ha dan telapak kaki.

Berikut pengobatan yang biasanya di berikan untuk menanggulangi penyakit ini, diantaranya sebagai berikut :

  • Tiobendazol 25 mg/ kg BB selama 2-4 hari, albendasol 400 mg dosis tunggal 2 hari berturut-turut.
  • Krioterapi dengan salju CO2 ditekan selama 45-60 detik atau semprotan N2O.
  • Semprotan dengan kloretil pada ujung lesi sampai beku dengan harapan larva akan mati.
  • Antihistamin untuk mengurangi rasa gatal

Pencegahan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan. Pakailah alas kaki saat menginjak tanah yang lembap. Bersihkan kaki meggunakan sabun secara teratur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel